Select Page

Lucu memang, istilah aslinya passport, tetapi sudah dibakukan (kata serapan) di Indonesia, namanya menjadi paspor. pas.por n surat keterangan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warga negara yang akan mengadakan perjalanan ke luar negeri (KBBI Daring). Ngomongin soal paspor, beberapa bulan yang lalu saya baru membuat paspor pertama saya, saya buat juga cuma buat jaga-jaga saja, maklum, saya tidak pernah jalan-jalan ke luar negeri, jangankan ke luar negeri, di dalam kota saja tidak ada hasrat, kan ada pepatah there’s no place like home, jadi ngapain harus keluar rumah. Ya nggak. Oke, jadi yang mau saya bagikan kali ini adalah pengalaman saya saat membuat paspor daring/online.

Pendaftaran Paspor Online

Yang pertama harus dilakukan adalah, siapkan uang dan dokumen persyaratan, kemudian unduh app di android Antrian Paspor, setelahnya buat akun kemudian tentukan kantor imigrasi terdekat, pilih jam dan hari. Intinya adalah reservasi untuk pembuatan dokumen. Meskipun disana juga tetap harus isi form permohonan lagi.

Proses Pembuatan Paspor Online

Setelah isi form cetak, maka akan diminta mengantri untuk ditanya tujuan membuat paspor dan negara mana yang masuk rencana mau dikunjungi, termasuk konfirmasi data diri dari pembuat paspor.

Pembayaran Paspor Online

Sebenarnya dibayarkan di bank mana saja bisa, yang penting mereka mau melayani, termasuk melalui ATM dan Mobile Banking, tetapi karena saat itu ada mobil POS yang melayani pembayaran di tempat, maka saya ikut mengantri.

Pengambilan Paspor Online

Sampai sekarang, belum bisa one day service inilah yang menurut saya proses pembuatan paspor ini tidak sempurna. Paspor bisa diambil kurag dari 2 minggu, dengan hanya menunjukkan bukti pembayaran dan KTP.