Cara Mengatasi Burung Falk Yang “Nyilet”

Beberapa bulan yang lalu saya membeli seekor burung cockatiel/falk yang masih lolohan, saya beli seharga 525.000. Itu adalah kali pertama saya mempunyai burung falk/cockatiel, seperti kebanyakan paruh bengkok lainnya yang memiliki khasnya sendiri, burung ini memiliki keunikan dengan kepandaiannya bersiul (jantan). Masalah timbul ketika burung yang sudah beberapa hari saya loloh tiba-tiba lemas dan kurus (nyilet kalau orang-orang bilang). Sempat cemas, namun setelah saya mencari tahu cara mengobati falk yang nyilet melalui forum-forum luar negeri, tidak sampai sebulan burung falk saya akhirnya kembali sehat, apa yang saya lakukan? Ini beberap hal yang saya lakukan dalam mengobati/mengatasi burung falk yang nyilet:

Pertama, ganti handfeeding formula atau burbur lolohan dengan yang berkualitas, saat itu saya ganti bubur lolohan yang biasa saya berikan untuk lovebird dengan Nutribird A21 merek asal belgia memang sudah terkenal kualitasnya, memang lebih mahal, waktu itu saya beli dengan harga 65.000, atau bisa juga dengan produk lain yang sama/lebih bagus.

Kedua, tambah frekuensi pemberian makanan/loloh. Ini sudah terbukti, secara logika juga bisa diterima, semakin banyak makanan bergizi semakin besar pula peluang sehat.

Ketiga, jemur di pagi hari. Saya tidak tahu pasti apakah menjemur burung di pagi hari mempengaruhi kesehatan dan stamina Falk saya, tetapi ini saya lakukan saat menangani falk yang nyilet.

Disclaimer: Saya bukan seorang profesional, dalam mengatasi burung falk yang nyilet tersebut hanya berdasarkan pengalaman pribadi.

Share this:

Leave a Comment