Rekomendasi Plugin Buat Blogger Kampus

Selalu menjadi isu hangat setiap tahunnya, plagiarisme banyak melibatkan berbagai jenis kampus di Indonesia, mulai dari kampus besar, kampus medioker, sampai kampus yang kecil sekalipun, tak luput terciduk. Konon itu terjadi karena berbagai faktor yang sebenarnya bukan bahasan saya kali ini. Biarlah itu menjadi pekerjaan para penegak hukum & kode etik, serta pekerjaan rumah bagi Kemenristekdikti. Ya memang disatu sisi sejak beberapa tahun yang lalu Kemenristekdikti sedang gencar-gencarnya mendorong para akademisi untuk menambah kuantitas publikasi ilmiah, namun karena mungkin saking giatnya memperbanyak publikasi, tidak sedikit pula yang tergelincir masalah jiplak-menjiplak.

Nah buat para blogger kampus, atau academic blogger yang menggunakan platform WordPress bisa mencoba plugin Academic Blogger Toolkit ini, biar urusan jiplak-menjiplak ini tidak akan menghancurkan anda dimasa mendatang, meskipun memang tulisan-tulisan dalam blog boleh dibilang kalah ilmiah, bahkan tidak ilmiah, jika dibanding jurnal, dan publikasi ilmiah lainnya. Bahkan masih banyak pula blog juga berisi salinan dari blog lain.

Jika ada Mendeley, Crossref, Zotero, dan sebagainya untuk Management Reference, maka ada plugin Academic Blogger Toolkit untu para Academic Blogger. Dengan plugin ini, para blogger tidak perlu susah-susah lagi membuat daftar pustaka untuk tulisannya, karena plugin ini memungkinkan anda untuk memilih tipe sitasi yang diinginkan. Tinggal memasukkan DOI/PMID/PMCID, maka secara otomatis mulai dari pengarang, judul, dan deskripsi bibliografi lainnya dapat ditampilkan atau bisa juga dengan mengisikan secara manual.

Atau bisa juga dengan pilihan manual, anda juga bisa memasukkan data bibliografi dari referensi yang dikutip.

Buat saya plugin ini sangat membantu, karena saya tidak perlu repot untuk memasukkan data bibliografis dari referensi yang saya gunakan. Meskipun juga tulisan saya tidak ada yang lmiah.

Share this:
This entry was posted in #fyi on by .

Leave a Comment