Pentingkah Pemeringkatan Webometrics?

by Jan 24, 2022Akademis

Hari ini Saya mendapatkan informasi tentang hasil pemeringkatan Webometrics Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah. Selamat kepada Perguruan Tinggi yang tercantum dalam daftar peringkat, kerja keras telah “terbayar”.

Namun, seberapa penting pemeringkatan webometrics? meningkatkan gengsi? atau gambaran reputasi akademik kampus? metodenya bisa dipertanggungjawabkan?

12 tahun yang lalu, saat saya tergabung dalam webometrics taskforce di salah satu kampus di Jogja, indikator/metode penilaian webometrics ada tiga; visibility, rich files, dan scholar.

Konsultan kami waktu itu (yang dianggap expert) dibidang SEO, mengarahkan dan mengajarkan kami beberapa “trik” agar skor pada indikator tertentu bisa ditingkatkan. Iya, agak tricky.

Namun saat ini sepertinya penilaiannya lebih kompleks, dan klaim Cybermetrics Lab, metodenya akan terus diperbarui.

INDICATORS METHODOLOGY
VISIBILITY Number of external networks (subnets) linking to the institution’s webpages
TRANSPARENCY
(or OPENNESS)
Number of citations from Top 210 authors
EXCELLENCE
(or SCHOLAR)
Number of papers amongst the top 10% most cited in each one of the all 27 disciplines of the full database

Pada indikator visibility metode pemeringkatannya adalah dengan menghitung pranala eksternal yang masuk ke website, indikator ini sepertinya tidak banyak berubah.

Nah, dua indikator terakhir yang telah mengalami perubahan. rich files tidak lagi digunakan, diganti dengan transparency, dan scholar berganti nama menjadi excellence. Maka saat ini ada tiga indikator; visibility, transparency, dan excellence.

Cybermetrics Lab juga mengklaim bahwa pemeringkatan webometrics bukan pemeringkatan website kampus, tetapi aktivitas akademik kampus yang diukur melalui ketersediaan data dalam jaringan.

Jadi gimana? Pentingkah? Ya tergantung, seberapa besar dampak yang ditimbulkan terhadap kampus tersebut setelah hasil pemeringkatan keluar dan diumumkan.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.