Lemahnya Profesi Pustakawan


Jika anda berkomentar sebelum membaca tulisan ini sampai akhir, dan anda adalah pustakawan, berarti benar bahwa pustakawan adalah profesi yang lemah! Saya tidak menanggung jika timbul aura negatif atau demotivasi yang mungkin bisa menjangkiti anda ketika anda selesai membaca tulisan ini, apalagi menanggung utang anda, tidak akan!.

Pada tahun 2017, Michael Hoon menulis artikel di USA Today tentang profesi yang akan hilang di tahun 2030, pada artikel dengan judul "Careers: 8 jobs that won’t exist in 2030" tersebut, pustakawan masuk pada urutan pertama. Dia menyebutkan alasannya adalah karena buku cetak sudah menurun diminati.

Hari ini, orang mempermasalahkan jabatan kepala perpustakaan tidak dijabat oleh pustakawan. Apakah memang sebuah keharusan?

Siapapun bisa jadi pustakawan

Pustakawan bukan profesi yang istimewa, tidak setuju? coba lihat fakta bahwa menjadi pustakawan bisa dari orang yang berlatar belakang apapun asalkan sesuai dengan syarat penyelenggara diklat.

Saya punya banyak teman pustakawan yang bukan berlatar belakang ilmu perpustakaan, dan banyak dari mereka dalam beberapa aspek teknis yang lebih menguasai daripada .

Sebagai pustakawan plat merah, saya tidak setuju pengkotak-kotakan antara pustakawan yang berlatar belakang ilmu perpustakaan dengan yang tidak berlatar belakang ilmu perpustakaan. Take it or leave it! Kalau mau dan sudah menjadi pustakawan ya harus bersedia dengan segala risikonya.

Regulasi

Apakah mereka yang alih jabatan menjadi pustakawan itu salah? Tidak! Apakah mereka yang setelah menjabat struktural kemudian alih jabatan menjadi pustakawan utama itu salah? Tidak! Apakah mereka yang pernah mengikuti CPTA itu salah? Tidak! Apakah para guru di sekolah yang menjadi kepala perpustakaan itu salah? Tidak! Apakah para guru yang difungsikan sebagai pustakawan itu salah Tidak!
Selama regulasinya ada, sampai kapanpun mereka sah menjadi pustakawan! You know what I mean lah.

Kesimpulan

Ibarat pepatah "buruk rupa cermin dibelah"  jangan sampai karena fakta profesi pustakawan yang tidak masyhur membuat kita marah, dan membodoh-bodohkan orang. Karena sekali lagi faktanya memang demikian. Solusinya? Amankan regulasi, kuatkan kompetensi, ya memang tidak mudah sih, hehe.
Seorang blogger yang jarang menulis.