Aplikasi yang perlu ada di HP saat Ibadah Haji

Setiap tahun, pelayanan haji oleh pemerintah selalu berbenah dan berkembang, baik pelayanan dari Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Arab Saudi.

Adalah suatu keniscayaan semua pelayanan publik memanfaatkan teknologi, tidak terkecuali pelayanan haji, nah kali ini saya akan membagikan tips aplikasi apa saja yang seharusnya terinstall/terpasang, yang akan sangat memudahkan dalam menjalankan rangkaian ibadah haji.

Nusuk


Alasan nomor wahid kenapa aplikasi ini wajib terpasang di HP adalah karena pendaftaran masuk Raudah menggunakan aplikasi ini. Saya berhasil masuk ke area Raudah sebanyak tiga kali, dua kali menggunakan aplikasi Nusuk, satu kali menggunakan tasreh rombongan. Kenapa bisa dua kali menggunakan aplikasi Nusuk yang seharusnya cuma satu kali saja? Karena kesempatan pertama saya daftar tetapi tiba-tiba dibatalkan, sempat muncul qrcode saya sempat screen shot sebelum hilang, saya coba mengantri dan jreng! Lolos screening!

Aplikasi ini wajib terinstall, kecuali tidak ingin masuk ke Raudah.

Haji Pintar

Buat saya aplikasi ini sebenarnya lebih banyak saya gunakan pra haji, karena saya masuk daftar cadangan. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memasang aplikasi haji pintar ini, seperti memeriksa barcode kartu haji dari Kemenag.

Haji Pintar juga menyediakan banyak berita/informasi seputar haji.

Muslim Pro

Yang terakhir ini sudah terinstall di HP saya sejak lama, bahkan sebelum Muslim Pro mengubah sistem langgannya dari lifetime menjadi sistem subscription. Aplikasi ini membantu saya dalam melihat jadwal salat, sehingga saya bisa memprediksi kapan saya harus berangkat ke masjid, ke Masjid Haram maupun Masjid Nabi.

Selain itu, aplikasi ini juga kadang saya gunakan untuk membaca Al-Qur'an dengan alasan kepraktisan, meskipun Al-Qur'an tersedia dimana-mana.

Seorang blogger yang jarang menulis.