Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online, Mudah dan Cepat

Jun 16, 2021FYI

Muhammad Saiful Alam

Salah satu pelayanan saat pandemi yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagaakerjaan yang sangat oke menurut saya adalah layanan pengajuan klaim JHT (Jaminan Hari Tua) yang bisa dilakukan secara online.

Proses pengajuan klaim JHT saya, dari mulai daftar klaim sampai uang ditransfer ke rekening, membutuhkan waktu 7 hari kerja. Selasa saya daftar dan mengunggah dokumen, Selasa pekan selanjutnya saya dihubungi petugas cabang melalui WhatsApp, besoknya rabu uang sudah masuk rekening.

SIapkan dokumen

Untuk mengajukan klaim, dokumen yang wajib disediakan adalah KTP, Kartu Peserta, Kartu Keluarga, Surat Keputusan Pemberhentian/Surat keterangan Kerja/Verklaring, Buku Rekening, NPWP, dan Formulir Klaim. Semua dokumen (masing-masing) difoto atau dipindai.

Login/Register SSO BPJSTK

Langkah selanjutnya adalah login/register ke sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, kalau sudah punya akun tinggal login saja, kalau belum ya register. Kemudian upload semua dokumen yang diperlukan, dan akan mendapatkan nomor antrian online yang dikirim ke email.

Verifikasi Dokumen oleh Petugas

Petugas dari cabang BPJSTK akan menghubungi melalui videocall WhatsApp untuk melakukan verifikasi terhadap keaslian dokumen yang diunggah. Dan akan diminta untuk mengisi kepesertaan JKK dan JKM, menurut petugas yang menghubungi saya, kepesertaan JKM, JKK itu wajib selama tiga bulan dan akan otomatis berhenti setelah tiga bulan.

Cair!

Cek buku rekeningmu di hari berikutnya.